Sep
17
2016

Pengalaman FEP

GENERAL ORIENTATION

Hari Pertama

1474101555066

“Kegiatan acara foto bersama kelas DBN 11”


Pada hari pertama saya di General Orientation, saya datang ke binus university syahdan. Masuk ke ruang L1B, dan melihat banyak sekali murid di ruangan saya. Selama di kelas, kita diperkenalkan dengan 7 BC yang bertugas untuk membimbing kelas saya, yaitu DBN11. Setelah itu, semua mahasiswa di kelas saya di suruh untuk memperkenalkan diri sendiri. setelah kita memperkenalkan diri kita. Sang BC mengajak kita untuk bermain game “Tangkap Bakso”. Setelah bermain, Para BC memberitahu kita segala hal yang mendasar dari binus university. Kemudian, para BC mengadakan sesi foto bersama (seperti yang terlihat pada gambar di atas).

Hari Kedua

1474101602127

“Kegiatan berkumpul di ruang auditorium”


Pada hari kedua, saya di suruh untuk datang ke binus university anggrek dengan membawa flazz card, kemeja putih polos berkerah, celana hitam seperti orang kantoran. setibanya disana, saya disuruh ke ruangan kelas. Sesampainya disana, semua mahasiswa di kelas diwajibkan untuk membuat yel-yel dan menghafal mars bina nusantara serta mars binusian. setelah menghafal itu semua, kelas DBN11 didatangi oleh HIMTI, para aktivis HIMTI mengajak kita untuk mengikuti HTTP. Setelah itu, saya dan semua mahasiswa DBN11 disuruh untuk pergi ke ruang auditorium untuk melihat UKM – UKM yang ada di binus university.

Hari Ketiga (Ini hari libur)

"Hari perayaan 17 agustus"

“Hari perayaan 17 agustus. Saya memegang payung hitam”


Pada hari ketiga, saya disuruh datang ke binus university kijang untuk mengikuti kegiatan upacara 17 agustus. Upacara berlangsung selama 2 jam. Saya melihat banyak mahasiswa yang pingsan karena panasnya matahari. Selesai upacara, Kita mengadakan perlombaan. Saya hanya menonton, dan berkenal dengan banyak teman.

Hari Keempat

"Kegiatan pembagian baju almameter"

“Kegiatan pembagian baju almameter”


Pada hari keempat, saya datang ke binus university syahdan untuk mengambil baju almameter dan diajarkan cara membuka binusmaya.

Hari Kelima

"Latihan Yel-Yel"

“Latihan Yel-Yel”


Pada hari kelima, Jadwal kita sangat padat, ada kegiatan kerohanian, latihan yel-yel dan pergi dari kelas ke kelas untuk pengajaran materi General Orientation dari pagi sampai sore.

Hari Keenam

"Kegiatan kebersamaan, akhir dari General Orientation"

“Kegiatan kebersamaan, akhir dari General Orientation”


Pada hari keenam, Saya datang ke binus university syahdan dan di ajak keliling oleh para BC untuk melihat expo UKM, saya tertarik dengan beberapa UKM dan mendaftarkan diri di sana. Setelah itu, saya mendaftarkan diri untuk mengikuti HTTP dari HIMTI. Kemudian, kita disuruh untuk berkumpul di hall lt. 3 untuk menyanyikan mars bina nusantara, mars binusian, yel-yel binusian 2020 dan yel-yel kita sendiri. Acara berakhir dengan perpisahan para BC dan mahasiswa FEP yang membagikan surat berisi kesan dan pesan kepada para BC nya masing – masing.

INAUGURASI

"Kegiatan foto bersama DBN11 untuk terakhir kalinya"

“Kegiatan foto bersama DBN11 untuk terakhir kalinya”


Pada saat inaugurasi, saya disuruh datang ke Jakarta Convention Center. Sesampainya disana, kita berkumpul di aula hall untuk memulai kegiatan inaugurasi. Dimulai dari perkenalan seluruh rektor yang ada di binus university. Selanjutnya, pada acara inaugurasi kita juga bertemu dengan alumni binus yang merupakan vice president dari perusahaan Gojek. Dilanjut dengan acara pelantikan mahasiswa binus dengan pemberian dan pemakaian baju almameter. Selanjutnya, Pembawa acara inaugurasi mengadakan berbagai performance dari UKM bidang entertainment seperti drama dan paduan suara. Pembawa acara inaugurasi juga memberikan berbagai macam hadiah. Tidak hanya itu, pembawa acara inaugurasi juga memberikan penghargaan kepada kelas – kelas tertentu yang memenangkan binusian award. Acara inaugurasi berakhir dengan kegiatan foto bersama yang dilakukan setiap kelas oleh para BC.

Academic Orientation

Pada Academic Orientation, saya disuruh datang ke binus university syahdan untuk memulai kegiatan academic orientation saya, kali ini kelas saya berubah menjadi LA04. Saya kaget, karena saya bertemu dengan orang yang belum pernah saya temui saat kegiatan general orientation. Tak lama setelah itu, beberapa dari kita disuruh untuk mengenalkan diri. Kemudian, kita disuruh untuk mengikuti tes, yaitu menggambar dan ujian tertulis. Setelah ujian selesai, kita di perkenalkan dengan 3 organisasi (Ureeka, Jollybee, HIMTI). Keesokan harinya kita diberi tugas PKM-GT tentang game dan tugas untuk membuat blog tentang pengalaman FEP (ini tugasnya). Ditambah lagi dengan tugas membuat game sederhana seperti card game atau board game yang deadlinenya bertahap. Ditengah kesulitan kita, Kita menemukan sebuah solusi yang dapat mengakhiri penderitaan kita. Yaitu, Tugas lagi. Dalam tugas ini kita disuruh untuk membuat karakter 3D dengan deadline yang sangat singkat. Kita juga diajarkan algoritma, pseudocode, dan bahasa C yang sederhana (Memang Sederhana, tetapi ketika simulasi tes dimulai, saya benar-benar kebingungan). Selain itu, kita juga melakukan diskusi secara berkelompok untuk membahas tentang informasi yang ada pada fasilitas binus university. Dan yang terakhir dari Academic Orientation adalah simulasi tesnya.

Organization Skills

Pada hari pertama Academic Orientation kita diperkenalkan 3 organisasi yang bernama Ureeka, Jollybee, dan HIMTI. Ureeka merupakan organisasi khusus untuk pembuatan game dari binus university. Sedangkan, Jollybee lebih terfokus pada programming skills. Selanjutnya, HIMTI Merupakan Organisasi terbesar dan tertua di binus university yang menampung seluruh mahasiswa dari School of Computer Science (SoCS).

HIMTI Togetherness and Top Performance (HTTP)

"HIMTI Togetherness and Top Performance"

“HIMTI Togetherness and Top Performance”

Merupakan salah satu event dari HIMTI yang hanya terjadi 1 kali pada setiap binusian yang berlangsung dari pagi hingga malam. Pada event ini, terdapat banyak sekali kegiatan. Bahkan, sebelum acara HTTP dimulai kita diberi pengajaran tentang bahasa C oleh HIMTI. Acara HIMTI dimulai dari perkenalan ketua organisasi HIMTI dan rektor dari school of computer science. Kita juga bertemu dengan alumni binusian yang berasal dari HIMTI. Mereka menyediakan bazaar dan juga IT showcase seperti berbagai macam aplikasi dan game yang dibuat oleh HIMTI. HTTP juga menyediakan performance berupa visualization, dance dan DJ yang mengguncang panggung acara HTTP. Tidak hanya itu, HTTP juga memberi kita goodie bag dan baju T-shirt gratis.

PENUTUP

sekian dari blog saya dengan judul “Pengalaman FEP” mohon maaf apabila terjadi kesalahan dalam penulisan kata. Blog ini dibuat hanya sebagai tugas dan tidak memiliki maksud tertentu. Terima Kasih.

Written by bcrsy in: Uncategorized |

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL

Leave a comment

Powered by WordPress. Kredit, Streaming Audio | Theme by TheBuckmaker.